Tim Nasional Mexico



Team sepak bola nasional Meksiko (Spanyol: Selección de fútbol de México) sebagai wakil Meksiko dalam sepak bola internasional serta ditata oleh Asosiasi Sepak Bola Meksiko (Spanyol: Federación Mexicana de Fútbol). Ini berkompetisi untuk anggota CONCACAF, yang mencakup beberapa negara Amerika Utara serta Tengah, serta Karibia. Team mainkan laga kandangnya di Estadio Azteca.

Meksiko sudah penuhi ketentuan untuk enam belas Piala Dunia serta mempunyai kwalifikasi beruntun semenjak tahun 1994, membuatnya satu dari enam negara untuk melakukan. Timnas Meksiko, dengan Brasil ialah salah satu negara yang sukses keluar dari set penyisihan group semasa tujuh Piala Dunia paling akhir. [4] Meksiko bermain Prancis di laga pertama Piala Dunia pertama pada 13 Juli 1930. Perkembangan paling baik Meksiko di Piala Dunia sudah capai perempat final di Piala Dunia 1970 serta 1986, yang kedua-duanya dipentaskan di tanah Meksiko.

Meksiko dengan cara historis ialah timnas paling sukses di daerah CONCACAF, sesudah memenangi sebelas gelar konfederasi, termasuk juga delapan Piala Emas CONCACAF serta tiga Kejuaraan CONCACAF (perintis Piala Emas), dan tiga Kejuaraan NAFC, satu Piala Bangsa Amerika Utara, satu Piala CONCACAF serta dua medali emas Laga Amerika Tengah serta Karibia. Ini salah satu dari delapan negara [a] yang sudah memenangi dua dari tiga kompetisi sepakbola penting (Piala Dunia, Piala Konfederasi, serta Olimpiade Musim Panas), sesudah memenangi Piala Konfederasi FIFA 1999 [5] serta Olimpiade Musim Panas 2012. [ 6] Meksiko salah satu team dari CONCACAF yang memenangi pertandingan sah FIFA, memenangi Piala Konfederasi FIFA 1999. Walau Meksiko ada di bawah yurisdiksi CONCACAF, timnas sudah dengan teratur diundang untuk bersaing di Copa América dari tahun 1993 sampai 2016, jadi runner-up 2x - di tahun 1993 serta 2001 - serta memperoleh medali tempat ke-3 pada tiga peluang.

Sepak bola di Meksiko pertama-tama diadakan pada awal era ke-20 oleh kelompok-kelompok imigran Eropa, khususnya beberapa penambang dari Cornwall, Inggris, serta di beberapa tahun selanjutnya beberapa orang buangan Spanyol melarikan diri dari Perang Saudara Spanyol.

Laga pertama Meksiko dimainkan menantang Guatemala, yang dimenangi Meksiko 3-2. [7] Rangkaian laga pertemanan internasional dimainkan menantang perwakilan nasional Guatemala pada 9, 12 serta 16 Desember 1923. Laga pada 9 Desember dimainkan di Parque España yang dimenangi Meksiko 2-1. Pada tanggal 12 Desember, laga usai dengan kemenangan 2-0 untuk Meksiko, serta laga paling akhir seri usai dengan hasil seimbang 3–3. [8] Manager team ini ialah Rafael Garza Gutiérrez. [8]

Itu bisa menjadi empat tahun lagi sebelum timnas diwakilkan dalam laga pertemanan internasional. Pada 19 Juni 1927, Meksiko hadapi Spanyol, menggambar 3–3. Semasa seri ini, team bermain menantang club Uruguay Nacional de Montevideo, kalah 1-3.

Estadio Azteca, dikenal juga dalam bahasa Spanyol untuk "El Coloso de Santa Úrsula", dibuat di tahun 1966. Ini ialah stadion rumah sah timnas Meksiko, dan team club Meksiko Klub América. Dia mempunyai kemampuan 87.000 bangku (sesudah perbaikan) [45] membuatnya stadion spesial sepak bola paling besar di Amerika serta stadion paling besar ke-3 di dunia untuk olahraga itu. Stadion ini jadi tuan-rumah Final Piala Dunia FIFA di tahun 1970 serta 1986.

Laga pertemanan yang diadakan oleh timnas Meksiko seringkali berlangsung di stadion di semua Amerika Serikat dan di semua Meksiko, termasuk juga Azteca.

Popular posts from this blog

Tim Nasional El Salvador

Tim Nasional Amerika Serikat