Tim Nasional Belize



Team sepak bola nasional Belize sebagai wakil Belize dalam sepakbola internasional serta dikontrol oleh Asosiasi Sepakbola Belize, anggota Uni Sepak Bola Amerika Tengah CONCACAF.

Walau Belize belum pernah maju ke kompetisi Piala Dunia FIFA, Belize sempat maju ke kejuaraan Piala Emas CONCACAF pada 2013, dimana mereka tersisih di set penyisihan group. Belize sudah bersaing di kejuaraan Piala Amerika Tengah sub-regional dimana hasil paling baik mereka ialah tempat ke-4 pada 2013.

Diberi nama Honduras Inggris sesaat di bawah pemerintahan kolonial Inggris, laga internasional pertama negara itu tiba pada 19 Februari 1928, menaklukkan Honduras 1-0. Sesudah kemerdekaan, laga pertama Belize berlangsung pada 8 Desember 1983, dalam kekalahan 2-0 menantang Kanada di Belize. [3] Walau Belize mendapatkan kemerdekaan dari Inggris di tahun 1981 (serta banyak koloni Inggris sekarang ini mempunyai team internasional), Belize tidak mulai dengan teratur bermain sepak bola internasional sampai 1995. Itu membuat kiprahnya di Piala Bangsa-Bangsa UNCAF 1995 serta tersisih di set pertama sesudah kalah dari El Salvador serta Kosta Rika.

Belize belum pernah maju ke Piala Dunia tapi ada di posisi ke-4 di Copa Centroamericana 2013. Usai dalam tempat ke-4 mereka di Copa Centroamericana 2013 memberikan Belize kwalifikasi pertama untuk pertandingan internasional penting, sebagai Piala Emas CONCACAF 2013.

Pada 15 Juni 2011, Belize mengawali kampanye kwalifikasi Piala Dunia FIFA 2014 menantang Montserrat yang kecil, menang 2–5 dalam laga yang dimainkan di Stadion Atau Boldon di Couva, Trinidad. Tetapi, pengembalian yang direncanakan 19 Juni dipending oleh FIFA saat mereka membatalkan TBS sebab terlibat pemerintah.

Stadion FFB ialah stadion sepak bola di Belmopan, Belize. Ini mempunyai kemampuan 5.000 pemirsa.

Ini ialah stadion rumah buat team sepak bola nasional Belize, dan dipakai oleh team Liga Premier Belize, United.

Di antara April serta Juli 2014, stadion FFB terima kenaikan untuk penuhi standard CONCACAF untuk membuat laga internasional serta club. Pembaharuan ini yang mencakup penempatan lampu stadion 1100 - 1600 lux, bagian bersertifikasi FIFA dengan pemutih bersertifikat serta sarana sanitasi dengan loker team, dan kenaikan komplet bangunan yang ada. Kenaikan ini bisa saja karena bantuan dua juta dolar oleh FIFA. [1] Tetapi, pada Agustus 2014, CONCACAF putuskan jika stadion tidak penuhi standard menjadi tuan-rumah laga di Liga Champions CONCACAF 2014–15.

Kompetisi 1995 di El Salvador melihat kiprah internasional Belize. Mereka mainkan tuan-rumah di laga internasional pertama mereka pada 29 November di Group A. El Salvador menang 3-0 dengan semua gol berlangsung di set ke-2. [5] Pada 1 Desember, Belize cetak gol internasional pertama mereka saat mereka kalah 2-1 dari Kosta Rika serta tersisih dari kompetisi. Ke-2 team yang lain maju ke semi final serta ditaklukkan disana, penakluk Kosta Rika, Honduras, menaklukkan Guatemala di final.

Popular posts from this blog

Tim Nasional El Salvador

Tim Nasional Mexico

Tim Nasional Amerika Serikat